Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On January - 21 - 2013


Senin 21 Januari 1985, salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini menjadi sasaran teror bom atas nama jihad. Sembilan stupa pada candi yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa tengah tersebut mengalami rusak berat. Setelah penyelidikan dilakukan, polisi berhasil menangkap dua orang pelaku yang ternyata bersaudara yaitu Abdulkadir bin Ali Alhabsy dan Husein bin Ali Alhabsyi sebagai pelaku peledakan.

Latar belakang yang membuat kedua pelaku melakukan aksi teror tersebut adalah balas dendam atas peristiwa Tanjung Priok yang menewaskan puluhan muslim terjadi satu tahun sebelumnya.
Abdulkadir akhirnya divonis oleh Pengadilan Negeri Malang dengan hukuman penjara 20 tahun setelah terbukti sebagai pelaku peledakan. Sedangkan Husein mendapat hukuman penjara seumur hidup. Tapi keduanya mendapat grasi dan remisi dari Presiden sehingga kini telah menghirup udara bebas.

Dibaca 260 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon