Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On April - 16 - 2014

Usai makan siang, umumnya rasa kantuk tiba-tiba saja datang dan bisa mengganggu produktivitas kerja kita. Apalagi kalau rasa kantuk datang disaat yang bisa mengganggu konsentrasi seperti ditengah rapat atau presentasi penting. Bisa gawat kan kalau rasa kantuk yang mendera bisa membuyarkan konsentrasi kita.

Rasa kantuk dan lelah datang biasanya disebabkan tubuh yang kekurangan energi, bisa jadi aktifitas yang kita lakukan di dunia kerja tidak sebanding dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya. Apalagi jika seseorang terlalu sibuk dan lebih memilih mengkonsumsi makanan cepat saji dengan alasan supaya praktis. Pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan rasa kantuk dan letih di siang hari.

Ada beberapa tips ampuh usir kantuk di kantor yang saya kutip dari Times of India

6 Cara Usir Kantuk di Kantor

Tidur lebih awal

Rasa kantuk yang menyerang pada jam kerja itu bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Menurut para ahli, kebanyakan karyawan mulai mengalami rasa kantuk di kantor saat siang menjelang sore hari. hal ini terjadi karena kurang tidur atau terbiasa tidur larut malam. Nah, kita bisa mulai beristirahat secara teratur dengan tidur lebih awal agar tubuh terasa segar saat bangun keesokan paginya.

Ambil waktu sedikit untuk relaksasi

Khusus bagi kita yang bekerja didalam kantor dan menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di belakang meja, sebaiknya ambillah sedikit waktu luang untuk sekedar berjalan ke toilet, pantry, atau ke meja rekan kerja lainnya agar tubuh sedikit relaks. Cara lainnya, Anda bisa berjalan di sekitar kantor selama 10 menit pada jam makan siang dengan berjalan menuju kantin atau tempat makan yang lokasinya dekat dengan kantor.

Atur waktu menatap monitor komputer

Menatap layar monitor dalam waktu lama tentu akan menyebabkan kelelahan pada mata. Hal ini membuat rasa kantuk semakin parah. Cara mengatasinya, cukup rehat sejenak menatap layar komputer untuk mengistirahatkan mata supaya tidak kelelahan.

Power Nap

Power Nap adalah memejamkan mata sejenak agar kekuatan tubuh bangkit kembali. Power Nap dilakukan dengan mengambil waktu makan siang dengan tidur sebentar selama 10 menit atau memejamkan mata sebentar saat makan siang.

Perhatikan asupan nutrisi

Saat makan siang, usahakan untuk makan tidak terlalu banyak namun bisa perbanyak sayur dan buah-buahan. Makanlah dengan porsi nasi secukupnya, karena makan nasi terlalu banyak menyebabkan naik turunnya gula darah dengan cepat akibat karbohidrat yang terkandung didalamnya. Kalau gula darah mengalami naik turun dengan cepat akibatnya tubuh jadi lemas dan mudah mengantuk.

Anda juga bisa melengkapi nutrisi dengan mengkonsumsi suplemen tambahan seperti saripati ayam yang dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kecemasan akibat stres yang melanda akibat beban kerja di kantor. Suplemen tambahan berupa saripati ayam ini  bisa didapat di dalam produk saripati ayam seperti BRAND’S® Essence of Chicken yang mudah didapat dan dengan cepat bisa Anda konsumsi untuk mengusir kantuk serta meningkatkan konsentrasi untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan hasil yang optimal.

Semoga postingan saya kali ini bermanfaat. Silakan beri komentar atau sekedar berbagi informasi menarik lainnya.

Dibaca 369 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon