Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On February - 25 - 2014

Cerita unik tentang Indonesia berada di sebuah museum Perancis. Museum ini khusus mengkoleksi beragam perangkat keamanan dari abad XIX. Museum yang berlokasi di Vélizy-Villacoublay, Perancis ini menyimpan koleksi berupa koper tua. Koper ini pernah dimiliki Manajer Ekspor Fichet untuk wilayah Timur Jauh, Andre Poncet.

Ada sebuah koper tua berstiker tempat di Indonesia

Cerita Tentang Jejak Indonesia di Perancis

Di permukaan koper tua tersebut banyak tempelan stiker berasal dari sejumlah tempat yang pernah disinggahi Andre Poncet. Ada dua stiker yang bertuliskan “Hotel Homann, Bandoeng Java” dan “Hotel du Pavillon, Semarang Java”.

Di museum ini terdapat ratusan koleksi namun kita tidak bisa melihat semuanya sekaligus, karena setiap tiga bulan barang koleksi di museum in mengalami rotasi untuk dipamerkan. Koleksi-koleksi di museum ini merupakan produk-produk buatan Fichet-Bauche yang berada di bawah naungan manajemen Gunnebo Security Group.

Museum ini seperti mengabadikan napak tilas perjalanan perusahaan yang didirikan oleh Alexander Fichet di masa lalu sampai saat ini. Alexander Fichet sendiri memulai usahanya dengan membuka bisnis tukang kunci pada 1825, sampai 1840 beliau mulai merilis brankas tahan api pertama di dunia.

Sedangkan Auguste-Nicholas Bauce yang namanya belakangan disandingkan dengan Finchet adalah seorang ahli material tahan api yang mulai menjalankan pabrik manufaktur brankas di Gueux, Perancis pada tahun 1864.

Kemudian pada tahun 1967 kedua perusahaan ini bergabung menjadi Fichet-Bauche. Tahun 1999, Fichet-Bauche diakuisisi perusahaan Swedia yaitu Gunnebo Security Group yang menjadi penyedia solusi keamanan terintegrasi yang dapat digunakan beragam jenis bisnis.

Sumber: Clasensation

Dibaca 356 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon