Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On July - 24 - 2013

sambungcerita-Kini-di-Sumatera-Telah-Menggunakan-Ponsel-Android-untuk-Mendeteksi-Penebangan-Liar-1

Problem laten penebangan liar yang paling sering kita dengar di Indonesia bahkan seluruh dunia yang memiliki hutan luas. Penebangan liar ini memang tengah mengancam hutan di dunia. Beruntung ada sebuah badan amal The Rainforest Connection (TRC) yang memiliki fokus pada penebangan liar yang kian mengancam hutan di dunia.  TRC berupaya mencegah penebangan liar dengan menggunakan perangkat teknologi smartphone terkini yaitu Android.

Ponsel pintar akan digunakan sebagai detektor penebangan hutan secara liar dengan cara menggantungkan ponsel bertenaga surya di pepohonan yang dilindungi.  Perangkat ini dapat digunakan dari jarak jauh untuk memantau suara lingkungan sekitar melalui mikrofon terintegrasi. Mikrofon ini akan memberikan peringatan pada penjaga hutan saat frekuensi suara mirip gergaji mesin terdeteksi oleh ponsel pintar tersebut. Suara yang dikirimkan melalui sistem perangkat ini kemudian akan mengirimkan informasi kembali ke database pusat secara real time.

Cara ini akan memungkinkan para pihak berwajib untuk mencegah kegiatan penebangan liar secara cepat dan responsif. Proyek percobaan ini sedang dilakukan di kawasan hutan lindung Air Tarusan di Pulau Sumatera, Indonesia. Badan amal The Rainforest Connection yang bermarkas di California ini terus melakukan pengembangan dalam menciptakan sebuah API untuk memungkinkan para pengembang dapat menciptakan aplikasi lain yang dapat dipakai untuk mengawasi kondisi hutan dengan lebih mudah, cepat, dan nyaman. Semoga pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi lingkungan ini dapat ‘menghabisi’ para penebang liar yang terus menggerus alam.

Dibaca 483 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon