Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On December - 5 - 2013

Siapa yang tidak kenal dengan McDonald’s. Restoran siap saji dengan andalan burgernya ini telah merambah pasar di seluruh dunia. Restoran ini didirikan pada tahun 1954 dalam bentuk kecil oleh Ray Kroc di California. Siapa sangka, 59 tahun kemudian, restoran ini mempunyai lebih dari 33.000 restoran yang melayani hampir 68 juta orang di lebih dari 119 negara di dunia. Salah satu program andalan dari McDonald adalah Happy Meal. Program ini bertujuan untuk menjaring pasar anak-anak dengan cara menyertakan mainan ke dalam paket makanan.

Program Happy Meal ini dimulai pada tahun 1979 dan ditandai dengan menampilkan tema kendaraan sirkus. Pada awalnya, Happy Meal yang dapat diartikan sebagai hidangan yang menyenangkan, diinsipirasikan oleh seorang pemilik gerai McDonald’s di Guatemala, Yolanda Fernandez de Cofino yang menciptakan ‘menu Ronald’. Sekedar diketahui, Ronald adalah tokoh ikon dari restoran ini. Menu Ronald menyajikan hamburger, kentang goreng dan es krim sundae porsi kecil untuk anak-anak yang bertujuan untuk memberikan kesenangan serupa kepada mereka sebagaimana yang dirasakan oleh orang tuanya.

Sejarah Happy Meal McDonald’s

Selanjutnya, sejarah Happy Meal berlanjut dengan dipatenkannya istilah ini atas nama Bob Bernstein, pemilik perusahaan periklanan Bernstein-Rein Advertising, sebuah perusahaan yang telah lama menjadi rekanan McDonald’s. Bernstein berjasa dalam popularitas Happy Meal karena dia yang mempromosikan program ini dibawah bendera McDonald’s di seluruh dunia. Program ini kemudian terus berjalan hingga saat ini dengan menampilkan promosi film dengan atribut-atributnya. Mainan yang disertakan dalam paket makanan untuk anak biasanya berasal dari film yang sedang mereka promosikan.

Pada perkembangannya, Happy Meal mengalami pasang surut. Salah satunya adalah ketika pada tahun 1992, McDonald’s menarik mainan dengan tokoh Batman Returns, dimana film tersebut dianggap tidak cocok untuk anak-anak. Hal yang sebaliknya terjadi pada tahun 2007 dimana Disney memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan McDonald’s dengan alasan makanan yang disajikan tidak sehat untuk anak-anak. Akhirnya pada tahun 2011, McDonald’s mendesain paket ini menjadi makanan sehat.

Dibaca 476 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon