Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On August - 28 - 2012

 

Johan Wolfgang Goethe Lahir
28 Agustus 1749, Johan Wolfgang Goethe, penyair dan penulis terkemuka Jerman, terlahir ke dunia. 
Di kota kelahirannya, Frankfurt, dia mengenal musik, lukisan, dan berbagai bahasa. Di kota itu pula Goethe menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum. Goethe merupakan salah satu penyebar sastra Jerman, namun dia tidak memiliki aliran sastra tertentu. 
Dia sangat menyukai sastra Iran terutama syair-syair Hafez, seorang penyair terkemuka Iran. Dia juga memiliki ketertarikan yang amat besar terhadap Al-Quran dan Islam.
 Dalam hal ini Goethe menyatakan, “Pada awalnya, karena rasa ragu-ragu, kami menolak Al-Quran. Namun kemudian kitab ini menarik perhatian kami. Yang amat mengejutkan kami adalah bahwa kami tunduk pada prinsip dan hukum ilmiah di dalam kitab itu. Saya meyakini bahwa kitab dan ajarannya yang mendalam dan membebaskan manusia ini segera akan mendapat tempat di seluruh dunia dan akan menajdi poros dunia.”
Di antara karya-karya Goethe yang terkenal adalah “Kumpulan Syair Timur”, “Faust”, dan “Melodi  Rumi”. Sastrawan Jerman ini meninggal pada tahun 1832.

Dibaca 440 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon