Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On March - 3 - 2014

Sensasional dan Inspiratif Wanita Asal Jepang ini Menjadi Penakluk Puncak Everest Pertama

Dari sekian banyaknya pendaki yang berhasil menaklukkan Gunung tertinggi di dunia yakni Gunung Everest, tahukah Anda seorang wanita yang pertama kali mendaki Gunung Everest hingga puncak? Sekitar 39 tahun lalu ada seseorang warga negara Jepang yang pertama kali menaklukkan puncak Gunung Everest bernama Junko Tabei.

Seperti apa sosok Junko Tabei?

Ia mendaki gunung setinggi 8.850 meter ini melalui jalur normal yaitu punggungan tenggara, Junko Tabei dan berhasil mendaki hingga puncak tepat di tanggal 16 Mei 1975. Di Jepang, Junko Tabei menjadi simbol serta inspirasi tentang perjuangan wanita Jepang dalam mendapatkan kesetaraan dan kebebasan mengambil sikap.

Sensasional dan Inspiratif Wanita Asal Jepang ini Menjadi Penakluk Puncak Everest Pertama

Kala itu di era 70-an Jepang memang tengah ramai membicarakan isu masalah kesetaraan gender. Bahkan saat itu yang boleh kerja diluar rumah hanya laki-laki saja. “Meskipun wanita sudah bekerja di luar rumah, mereka masih berkewajiban untuk menyajikan teh,” ungkap Tabei. Tabei mengaku ia terinspirasi oleh Sir Edmund Hillary yang menjadi orang pertama yang menaklukkan Puncak Everest bersama dengan Sherpa Tenzing pada tahun 1953.

Junko Tabei memiliki kepedulian terhadap isu tentang lingkungan, sebagai bukti keeduliannya ia meneliti masalah sampah di Gunung Everest saat menempuh studi pendidikannya di Universitas Kyushu. Petualangan Junko Tabei tidak berhenti di Everest saja, ia juga menjadi wanita pertama yang menaklukkan tujuh puncak tertinggi di dunia pada tahun 1992. Meskipun kini ia telah berkeluarga namun hasrat berpetualangnya tidak pernah berpikir untuk berhenti walaupun ia sudah melihat banyak orang yang meninggal di gunung.

Junko Tabei telah menjadi inspirasi bagi banyak wanita untuk tidak takut berpetualang di alam bebas.

Sumber: Japantimes

Dibaca 469 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon