Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On January - 9 - 2014

Ketika kamu membuka google hari ini (9/1/2014) pasti bertanya-tanya tentang Google Doodle yang ditampilkan. Ya, termasuk saya sendiri yang kemudian mencari tahu siapakah sosok Simone de Beauvoir. Saya mencari beberapa sumber dan coba membagikannya disini. Jadi Simone de Beauvoir itu adalah seorang wanita aktivis feminisme dan selebritis terkenal di bidang filsafat asal Prancis. Selebritis bukan hanya sebutan untung dunia hiburan ya, namun orang terkenal dibidang apapun ya bisa dibilang selebritis.

Kisah Simone de Beauvoir

siapa simone de beauvoir, sosok di google doodle

Simone de Beauvoir mengejutkan dunia dengan novel-novelnya seperti She Came to Stay (1943), dan The Mandarins (1954) dan buku Le Deuxemie Sexe (The Second Sex) yang rilis tahun 1949. Simone de Beauvoir tidak pernah menikah seumur hidupnya dan tidak memiliki anak. Kehidupan masa kecil Simone de Beauvoir dikenal sangat religius dan ia pun sempat bercita-cita menjadi suster tapi dalam perjalanannya, semasa remaja ia mengalami krisis keimanan yang membuatnya memilih menjadi seorang atheis sampai menutup mata.

Fokus beliau adalah pada dunia pendidikan, politik, dan karya tulisnya yang menjadi kesibukan lainnya selain mengajar. Karyanya yang fenomenal adalah “The Second Sex” hingga ia disebut seorang filsuf dan dalam buku tersebut ia memaparkan jika selama ini a menjadi gender lain (gender kedua) dalam masyarakat patriakal.

Kala itu hasil pemikiran laki-laki menjadi acuan utama dalam masyarakat. Sementara itu, eksploitasi terhadap perbedaan seksual wanita dengan pria membuat masyarakat patriakal kemudian membentk apa yang mampu dan tidak mampu dilakukan perempuan. Bahkan Vatikan sendiri menempatkan buku hasil karya Simone de Beauvoir ini sebagai buku terlarang.

Salah satu quotes Simone de Beauvoir yang banyak memberikan inspirasi adalah “Jika kau hidup cukup panjang, kau akan menyadari setiap kemenangan akan berubah menjadi kekalahan”.

Sekarang sudah tahu dong siapa sebenarnya sosok Simone de Beauvoir yang terpampang di Google Doodle untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 106. Semoga bermanfaat dan mampu menjawab rasa penasaran kamu, silakan berkomentar atau sekedar berbagi informasi menarik.

Dibaca 410 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon