Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On January - 11 - 2013

Memasuki jenjang perguruan tinggi merupakan tahap yang berbeda dengan masa sekolah menengah atas, di perguruan tinggi kita dituntut lebih dewasa, mandiri, dan disiplin dalam belajar. Tidak seperti di sekolah yang sangat bergantung dengan kehadiran guru.
Sedangkan jika di perguruan tinggi kita dituntut untuk belajar mandiri, walau dosen tidak masuk memberikan perkuliahan namun mahasiswa harus tetap belajar dan membaca. Kedatangan mahasiswa kekampus bukanlah hanya mencatat materi kuliah tetapi dituntut untuk berlatih dan berdikusi. Mahasiswa harus lebih aktif mencari ilmu pengetahuan.
Untuk mencapai kesuksesan dalam studi di perguruan tinggi berikut tips-tipsnya:

Tetapkan tujuan
Kita harus menetapkan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang yang realistis. Stetelah menetapkan tujuan, lalu kita menyusun strategi untuk meraih tujuan tersebut secara cepat dan tepat.

Jadwalkan kegiatan dengan cermat
Setiap mahasiswa perlu menyusun jadwal kegiatan apapun setiap hari, ketika kita memiliki jadwal kegiatan, maka waktu dan pikiran kita akan difokuskan hanya pada belajar dan aktifitas pribadi. Jika tidak memiliki jadwal maka kegiatan dan aktifitas kita sehari-hari akan tidak teratur.

Kembangkan kebiasaan belajar efektif
Selama kuliah, mahasiswa harus memiliki kebasaan belajar yang efektif. Hal ini dilakukan agar semua mata kuliah dapat dipelajari denan baik. Gunakan waktu secara efisien dan tetapkan prioritas untuk meraih tujuanmu.

Nikmati semua proses kuliah
Hadirlah dalam setiap proses perkulaiahan dan kerjakan tugas dengan baik agar meraih kesuksesan akademik. Di perguruan tinggi, kehadiran mempunyai pengaruh terhadap penilaian hasil belajar.

Pahami dosen
Untuk menjalin komunikasi yang lancer dengan mereka, penting sekali mengenali karakter para dosen. Ajkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan mata kuliah yang diberikan. Kamu dapat menyesuaikan diri cara belajar dengan gaya mengajar para dosen.

Patuhi kebijakan dan peraturan kuliah
Setiap perguruan tinggi memiliki peraturan masing-masing yang harus diperhatikan agar proses belajar mahasiswa lancar. Kamu harus memahami dan mematuhi peraturan akademik. Jangan melanggar kebijakan serta aturan yang sudah dibuat oleh kampus.

Manfaatkan sarana dan prasarana kampus sebaik mungkin
Setiap kampus memiliki sarana yang dapat digunakan mahasiswa untuk menunjang perkulahan seperti perpustakaan, gelanggang olahraga, internet. Semua sarana ini dapat digunakan dengan baik untuk menunjang proses belajar.

Aktif dalam kegiatan non-akademik
Selain kamu focus dan bisa berprestasi di kegiatan akademik, mahasiswa juga dapat focus di kegiatan non akademik, di kegiatan non akademik kamu dapat mencari pengalaman. Klub informatika, klub sains atau masih banyak lagi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat kamu.

Sumber

Dibaca 285 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon