Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On January - 18 - 2013
Dalam setiap proses belajar pasti sangat dibutuhkan konsentrasi, namun kita yang masih sekolah ataupun mahasiswa kadang mengalami kesulitan konsentrasi belajar. Ya memang tanpa konsentrasi proses belajar menjadi tidak optimal. Kemampuan konsentrasi sebenarnya bisa dikembangkan lho, berikut tipsnya:
 
Kesiapan belajar
Sebelum melakukan aktivitas belajar kita harus dalam keadaan kondisi fresh (segar). Ada dua hal yang dapat mempengaruhi yaitu kondisi fisik dan psikis yang keduanya harus dalam keadaan baik sehingga pikiran benar-benar dalm keadaan jernih dan belajar pun bisa optimal.
 
Lingkungan belajar harus kondusif
Belajar membutuhkan suasana yang kondusif agar optimal, kita bisa menata ruangan tempat kita bekajar secara bersih dan teratur sehingga proses belajar menjadi nyaman.
 
Selalu menanamkan minat dan motivasi belajar dengan cara mengembangkan imajinasi berpikir dan aktif bertanya
Dalam membangkitkan motivasi belajar kita perlu mengetahui apa yang dipelajari, hubungannya pelajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari, cara mempelajarina, dengan demikian hasrat ingin tahu pun lebih lanjut dengan cara aktif bertanya baik secara langsung maupun tidak langsung.
 
Cara belajar yang baik
Untuk memudahkan konsentrasi belajar dibutuhkan panduan untuk mengaktifkan cara berpikir, penyelesaian okus masalah dan pengarahan rasa ingin tahu. Cara belajar yang baik tentu harus memuat tujuan yang akan kita capai sekaligus cara-cara menghidupkan dan mengembangkan rasa ingin tahu. Tugas kita untuk menemukan cara belajar yang sesuai dengan karakter kita.
 
Belajar aktif
Jika kita sulit berkonsentrasi belajar di sekolah atau sulit mengerti tentang pelajaran yang dijelaskan guru atau dosen maka kita harus dapat mengembangkan pola belajar aktif seperti bertanya dan berdiskusi.
 
Perlu waktu me-refresh pikiran saat rasa bosan melanda.
Saat kita menghadapi kesulitan mempelajari materi belajar kadang kita merasa jemu untuk berpikir. Jika hal ini terjadi maka kita tidak perlu memaksakan diri untuk melanjutkan. Kita dapat beristirahat sejenak selama 5-10 menit untuk relaksasi sejenak.
 

Dibaca 379 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon