Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On January - 21 - 2013


Banjir Jakarta yang sedang melanda ibukota kita tercinta selama beberapa minggu terakhir selalu membingungkan karena tiba-tiba saja datang membludak, hal ini tentu sangat terasa bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, nah gawatnya lagi bencana banjir yang terjadi kali ini nggak hanya di Jakarta saja lho, banyak kawasan di sekitaran Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, dan Depok yang juga kena imbas banjir yang terjadi diawal tahun 2013 ini. tak adil rasanya jika hanya menyalahkan pemerintah terus menerus, kira-kira bagaimana ya tips untuk menghadapi banjir? Nih ada beberapa yang sambungcerita dapet, semoga bermanfaat ya.
Sebelum banjir
  1. Pertama, jangan membangun gedung atau rumah di daerah rawan banjir, ya iyalah standar amat tipsnya hehehe, ini Cuma kembali mengingatkan kok.
  2. Lapisi dinding bagian bawah dengan cat anti air untuk menghindari rembesan saat banjir datang.
  3. Tetap siaga apabila hujan besar datang untuk mendapatkan informasi terbaru tentang ketinggian air di tanggul dekat rumah kamu.
Saat Banjir Datang
  1. Bersiaplah! Masukkan semua barang-barang berharga yang agan butuhkan selama di pengungsian.lakukan segera.
  2. Pindahkan barang-barang penting ke lantai atas.
  3. Matikan aliran listrik di rumah atau lepas semua peralatan listrik yang masih dalam keadaan tercolok agar tidak terjadi korsleting listrik.
Setelah Banjir
  1. Sebisa mungkin hindari memakai air genangan banjir untuk dikonsumsi karena rawan terkontaminasi oleh minyak, bensin, atau limbah lainnya.
  2. Kembali ke rumah jika sudah ada instruksi dari pemerintah setempat.
  3. Pastikan selalu berada diluar bangunan ketika bangunan tersebut terkepung air.
  4. Nah terakhir yang sangat menguras tenaga dikala banjir yaitu membersihkan sisa lumpur pasca banjir, agar tidak rusak dan bisa diperbaiki secepatnya.
Kalau ada tips lainnya yang belum dibahas, silahkan agan tambahin. Sekalian berbagi pengalaman banjir kemarin juga boleh. Kalau banjir sampai saat ini masih menggenangi daerah kamu semoga cepat surut ya.

Dibaca 320 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon