Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On June - 19 - 2014

Keringat mungkin terdengar menjijikan ya jika diminum. Rasa serta aroma keringat juga sama sekali tidak menggiurkan apalagi menyegarkan. Tapi kini telah diciptakan sebuah alat yang bisa mengubah keringat menjadi air yang layak minum. Lagi-lagi inspirasi teknologi yang pernah diciptakan NASA coba diterapkan di dunia. NASA telah menciptakan sebuah alat unik yang bisa mendaur ulang urine dan keringat manusia sedemikian rupa sampai layak minum. Kini mesin serupa juga dibuat di dengan nama “Sweat Machine.”

Unik Mesin Ini Mengubah Keringat Menjadi Air Minum

Bagaimana cara kerja Sweat Machine unik ini?

Alat unik Sweat Machine ini diciptakan oleh tim yang dipimpin Andreas Hammar dan mendapatkan sebuah hasil studi yang menarik, setiap keringat yang diperas dari pakaian manusia ternyata memiliki unsur air hingga 99% sedangkan kaos biasanya menyerap 10 ml keringat.

Unik Mesin Ini Mengubah Keringat Menjadi Air Minum

Cara kerja Sweat Mesin adalah saat pakaian penuh keringat dimasukkan ke dalam mesin pengering maka mesin tersebut akan mengumpulkan keringat sampai habis. Lalu air keringat tersebut dipanaskan dengan sinar ultra violet dan melewati berbagai jenis filter berteknologi canggih hingga menghilangkan unsur garam serta bakteri didalamnya.

Tahap terakhir proses pemurnian, air tersebut melewati filter yang bisa digunakan menyaring bubuk kopi untuk menyaring serat tekstil yang tersisa di pakaian. Hasil air dari sulingan air keringat ini sudah sangat layak untuk diminum. Para penemu ini mengemukakan jika setumpuk baju dan celana pendek maka bisa menghasilkan setengah liter air minum.

Sweat Machine mulai dikampanyekan

Unik Mesin Ini Mengubah Keringat Menjadi Air Minum

Meskipun Sweat Machine ini tidak memecahkan masalah kekurangan air dalam waktu dekat, UNICEF bekerjasama dengan biro iklan Swedia Deportivo  yakin paling tidak mesin ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman kekurangan air minum suatu saat nanti.

Kabarnya sejauh ini lebih dari 500 orang telah menggunakan Sweat Machine dan akan digunakan pada peresmian Piala Gotha (turnamen sepakbola pemuda di Swedia) untuk mengumpulkan keringat dari para pesertanya.

Teknologi semakin berkembang, makin banyak alat unik yang diciptakan dan bermanfaat bagi umat manusia di masa depan ya.

Dibaca 399 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon