Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On April - 22 - 2014

Bagi Anda yang menikmati masa kecil di akhir era 80 dan 90an pasti masih ingat betapa booming-nya salah satu film unik pada masa itu yang menceritakan jagoan 4 kura-kura ninja yang berjudul “Teenage Mutant Ninja Turtle”.  Hampir di setiap pusat perbelanjaan dapat dengan mudah menemukan barang dagang yang bergambar kura-kura ninja mulai dari mainan anak, papan luncur, pasta gigi, hingga sereal sarapan. Namun seperti apa sih asal-usul kura-kura ninja dibuat?

Asal-usul Kura-kura Ninja (Teenage Mutant Ninja Turtle)

Bernostalgia dengan Kura-kura Ninja Teenage Mutant Ninja Turtle

Teenage Mutant Ninja Turtle pertama kali dirilis tahun 1984 oleh Mirage Studios, percetakan komik Amerika Serikat. Uniknya, konsep tersebut tercetus saat Kevin Eastman sedang menghabiskan waktu bekerja bersama rekannya, Peter Laird. Menggunakan uang dari pembayaran kembali pajak dan pinjaman dari pamannya, para komikus muda ini menerbitkan sebuah naskah komik tunggal yang bertujuan menjadi parodi dari empat komik populer saat itu seperti Daredevil and New Mutants (Marvel Comics), Cerebus (Dave Slim), dan Ronin (Frank Miller).

Komik Teenage Mutant Ninja Turtle menuai kontroversi karena banyak adegan kekerasan berdarah didalamnya. Setelah diperkenalkan ke pasaran secara luas, mereka melakukan desain ulang secara radikal untuk dapat dinikmati anak-anak. Para anggota kura-kura ninja memakai nama pertama dari beberapa seniman Renaisans seperti, Leonardo da Vinci, Michaelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni, Raffaello “Raphael” Sanzio da Urbino, dan Donato “Donatello” di Niccolò di Betto Bardi.

Kura-kura Ninja (Teenage Mutant Ninja Turtle) dibuat serial televisi

Bernostalgia dengan Kura-kura Ninja Teenage Mutant Ninja Turtle

Tahun 1987 Teenage Mutant Ninja Turtle dibuatkan serial kartun untuk televisi. Serial animasi ini diproduksi oleh Fred Wolf Film Dublin, dan disindikasi oleh Group W. Serial itu sendiri dimiliki oleh Wolf Films, DVD oleh Lionsgate Entertainment, dan sampai baru-baru ini, hak milik sindikasi oleh CBS Television Distribution, Ninja Turtles: The Next Mutation Serial ini berformat aksi dan diciptakan oleh Saban Entertainment, Kini dimiliki oleh Disney-ABC Domestic Television. Kura-kura Ninja (2003)
Serial animasi ini adalah hasil kerjasama penerbitan antara Mirage Studios dan 4Kids Entertainment.
Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) oleh Nickelodeon.

Kura-kura Ninja (Teenage Mutant Ninja Turtle) diangkat ke layar lebar

Bernostalgia dengan Kura-kura Ninja Teenage Mutant Ninja Turtle

Tiga film Teenage Mutant Ninja Turtle pertama dibuat dengan format laga oleh New Line Cinema, sementara pada tahun 2007 dibuat oleh Warner Bros. Film tersebut adalah Teenage Mutant Ninja Turtles, Teenage Mutant Ninja Turtles II: The Secret of the Ooze, Teenage Mutant Ninja, Turtles III, TMNT, Turtles Forever.

Tanggal 21 Oktober 2009 Nickelodeon milik Viacom telah membeli  semua hak Kura-kura Ninja milik Mirage, yang mempertahankan hak untuk menerbitkan komik-komik selama 18 tahun, meskipun keterlibatan masa depan Mirage dengan Turtles dan masa depan Mirage Studios itu sendiri tidak diketahui. Tahun 2012 sempat dibuatkan film layar lebarnya namun sepertinya kurang sukses.

Jika Anda masih kangen dengan jagoan kura-kura ninja ini, mulai 1 sampai 24 April bisa mengkoleksi mainannya dalam yang bisa didapat saat membeli paket Happy Meal hanya di McDonald’s. Perjalanan panjang Teenage Mutant Ninja Turtle tentu menjadi bagian bagi Anda bernostalgia bukan?

Baca juga:

Fakta menarik tentang Robocop Original

Dibaca 1264 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon