Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On July - 7 - 2014

Ada berita menarik dari BBC dan Gulf News, Pejabat Dewan Osama al-Zaytuni mengatakan bahwa pekerja kebersihan mengumpulkan 5.000 ton sampah dalam tiga hari pertama Ramadhan, itu belum termasuk sisa-sisa 28.000 domba. Dewan Kota Mekah bahkan telah menyediakan 45 alat pengolah sampah di dekat Masjid Utama dan menugaskan 8.000 petugas kebersihan tambahan selama bulan Ramadhan demi mengatasi masalah fenomena unik ini.

Masyarakat Mekah memiliki kebiasaan membeli terlalu banyak makanan

Masyarakat Mekah Membuah Makanan Bernilai Milyaran Rupiah Selama Ramadhan

Hal ini disebabkan karena kebiasaan yang dipengaruhi oleh budaya yaitu masyarakat Mekah memiliki kebiasaan membeli terlalu banyak makanan. Beberapa pengamat menyatakan fenoma unik ini terjadi karena hal tersebut. Warga memasak makanan baru setiap hari bukannya memanaskan makanan yang belum dimakan. Pemerintah setempat menghimbau agar penduduk memasak lebih sedikit dan melakukan investasi pada pupuk organik agar makanan sisa tersebut bisa diproses kembali.

Makanan yang terbuang di Mekah bernilai milyaran rupiah

Kajian yang dilakukan Universitas Raja Saud menempatkan Arab Saudi sebagai negara pembuang makanan nomor empat di dunia, dengan 30% dari empat juta makanan yang dipersiapkan selama Ramadan dibuang karena tidak dimakan yang berarti membuang dana sebesar 1,2 juta riyal Saudi atau Rp3,8 miliar. Wow!

Ternyata tidak di Indonesia saja ya fenomena unik ini terjadi walaupun yang terjadi di negara kita tidaklah sebesar di Mekah. Bijaklah dalam memilih menu berbuka puasa dan jangan sampai kita membuang makanan ya.

Dibaca 358 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon