Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On November - 15 - 2013

Cerita pendek karya Ernest Hemingway memang bukan cerita pendek biasa. Versi asli kumpulan cerita pendek karya Hemingway pertama kali diterbitkan pada tahun 1961 dengan judul “The Snow of Kilimanjaro”. Kemudian, buku tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2000 oleh tim dari Yayasan Obor Indonesia. Tim ini terdiri dari penerjemah yang bernama Ursula Gyani Budi Tjahja dan pemberi kata pengantar yang bernama Melani Budianta. 

Cerita Pendek Persembahan Ernest Hemingway

Tema-tema yang diangkat oleh Ernest Hemingway dalam kumpulan cerita pendeknya pada umuya adalah tema-tema yang sederhana. Beberapa penggalan cerita hidup manusia yang sederhana disampaikan oleh Hemingway lewat kata demi kata dalam cerita pendeknya. Apa yang membuat cerita pendek karangannya ini istimewa? Ya, pengemasan tema yang sederhana dan makna yang terkandung di dalamnya lah yang menjadi kunci utama kenapa cerita pendek karangannya menjadi melegenda. Ia mengemasnya dengan apik serta menyampaikan cerita sarat makna di dalamnya.

Jika hanya membaca cerita pendeknya sekilas saja, mungkin kita akan kesulitan menangkap apa maksud atau pesan yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Ernest Hemingway. Jadi, perlu kecermatan dalam memahami makna cerita pendek karyanya secara utuh. Ambil saja contohnya cerita pendek berjudul “Cerita Kebahagiaan Hidup Francis Macomber” karangannya.

cerita pendek

Cerita ini mengisahkan tentang Francis (yang ingin melakukan pemburuan), Wilson (seorang guide pemburu bayaran), serta Nyonya Macomber. Pada awal cerita, Francis dikisahkan sebagai seorang penakut yang tidak bernyali besar untuk berburu. Ia harus bekerja keras untuk menumbuhkan nyali dan keberanian tersebut untuk berburu harimau dan kerbau. Ia sangat bahagia dan bangga saat berhasil memburu seekor harimau. Kebanggaannya itu ia ceritakan pula pada istrinya. Namun pada akhirnya Francis justru terkena serangan dari seekor banteng dan terkesan seperti kecelakaan. Lalu apa hubungannya dengan Nyonya Macomber? Wilson menduga dialah yang membunuh Francis. Hal ini sangat terlihat dari bagaimana Wilson melakukan percakapan dengan Nyonya Macomber.

Itulah sedikit tentang cerita pendek terkenal Ernest Hemmingway.

Dibaca 509 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon