Sambung Cerita

Menyambung Banyak Cerita di Dunia

Posted by Sambung Cerita On August - 29 - 2012

Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia
Welwitschia Mirabilis

Memang pohon unik yang satu ini nggak keliatan unik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, hanya bisa ditemukan di daerah asalnya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar. Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Mengerikan tapi terlihat tetap unik. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara.

Tanaman Karnivora
Dionaea Muscipula

Pohon unik yang satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan “Daun” yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka dengan segera daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekati pohon unik ini.

Bunga Terbesar di Dunia
Rafflesia Arnoldii

Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya tidak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara Indonesia. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

Tanaman Bola Baseball
Euphorbia Obesa

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan. Tampilannya yang tidak biasa membuatnya terlihat unik.

Pohon Botol
Baobab

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, nama daerah yang mengingatkan kita dengan film kartun untuk anak-anak. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air. menakjubkan dan tidak heran pohon unik ini bisa tumbuh sampai 500 tahun.

Sumber artikel

Dibaca 343 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on TumblrShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon